Ternyata Semudah Ini Membobol Akun Facebook

Ternyata Semudah Ini Membobol Akun Facebook

facebook mobailKetika seorang pengguna Facebook lupa kata sandi biasnya pihak Facebook akan mengantarkan pengguna ke alamat recovery.

Selanjutnya pihak fecebook akan mengirimkan kode verifikasi 6 digit untuk me-reset password ke alamat e-mail atau nomor ponsel penggunanya. Kode verivikasi sngat sulit untuk ditembus karena pihak Fecebook akan langsung memblokir akses pengguna bila salah memasukkan kode hingga lebih dari 10 kali.

Akan tetapi baru-baru ini seorang peneliti komputer dan pemburu bug asal India bernama Anand Prakash mengungkapkan jika hal itu hanya berlaku bagi domain utama Facebook di alamat www.facebook.com.

Prakash yang dijuluki ‘hacker putih’ itu mengungkapkan jika laman beta Facebook di domain beta.facebook.com dan mbasic.beta.facebook.com masih belum dilengkapi dengan proteksi serupa.

Lantas iapun mencoba menjebol akunnya sendir dengan menggunakan teknik brute force siapa sangka jika langkahnya itu langsung berhasil. Iapun langsung mereset passwordnya lalu menggantinya dengan yang baru.

“Selanjutnya, saya bisa menggunakan kata kunci baru tersebut untuk log in ke dalam akun,” tulis Prakash dalam sebuah posting berisi mengenai penjelasan teknik hacking itu di dalam akun blog pribadinya.

Untuk kalangan hacker teknik brute force ini terbilang enteng, karena hampir bisa dipastikan semua peretas yang pengalaman bisa melakukan hal ini.

Lebih lanjut Prakesh mengungkapkan jika kelemahan ini bisa berakibat sangat fatal bagi Faceboo, hal ini karena peretas bisa dengan mudahnya mengakses penuh akun pengguna Fecebook orang lain. Semua data transaksi, foto pribadi dan semua hal-hal penting yang dilaukan di Facebook bisa dengan mudahnya diambil alih. (nextren.com)