Facebook dan Google Bebas Pajak Meski Raup 8,45 Triliun Dari Indonesia

Facebook dan Google Bebas Pajak Meski Raup 8,45 Triliun Dari Indonesia

Google-in-IndonesiaUntuk menunjukkan sikap kepatuhannya pada peraturan pemerintah Indonesia, Google Indonesia berjanji akan mematuhi setiap peraturan pemerintah termasuk aturan perpajakan.

“Google selalu mematuhi setiap aturan yang berlaku di suatu negara. Termasuk aturan perpajakan,” kata Erica Hanson, Developer Relations Program Manager Google Southeast Asia beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data Pementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pendapatan iklan di Indonesia 80% nya dikuasai oleh Google dan Facebook.

Sementara penduduk Indonesia hanya mendapatkan porsi pendapatan iklan digital sebanyak 20%nya saja.

Bila merujuk pada pernyataan Menteri Kominfo Rudiantara sebelumnya, yang menyebutkan total belanja iklan digital yang mencapai sebesar US$ 800 juta. Maka Facebook dan Google menikmati keuntungan sebanyak US$ 640 juta atau setara Rp 8,45 triliun tanpa terkena potongan pajak.

Hingga saat ini pemerintah Indonesia masih terus menggodok mengenai aturan iklan digital. Menurut Kominfo langkah ini diambil karena pemerintah berkaca pada peraturan sejumlah negara lainnya seperti Amerika dan Jepang yang sudah memiliki aturan perpajakan e-commerce dan iklan digital. (tribunnew.com)

Suami Betah di Rumah 600




loading...