Pengusaha Es: Air Untuk Membuat Es Batu Diambil Dari Sungai

Pengusaha Es: Air Untuk Membuat Es Batu Diambil Dari Sungai

Pengusaha Es: Air Untuk Membuat Es Batu Diambil Dari Sungai

Pabrik es batu di kawasan Cakung, Jakarta Timur disegel polisi, karena diduga memakai zat berbahaya dalam produksinya. Sudah berkali-kali pegiat kesehatan mengimbau agar pabrik es batu menggunakan air matang dalam memproduksi es. Tapi himbauan itu tidak pernah didengarkan dengan berbagai alasan.

Menurut Rauzi Thaher, Ketua Ikatan Pengusaha Industri Es Jabodetabek, bagi pabrik sangat sulit menggunakan air matang. Karena air yang digunakan tiap harinya sangat banyak.

“Semuanya menggunakan air mentah. Karena tidak mungkin kita menggunakan air matang, kan banyak banget itu. Satu pabrik saja bisa memproduksi hingga 7.000 balok es, ada juga yang jumlahnya ratusan,” ujar Rauzi, Jumat (10/04/15).

Dari puluhan tahun yang lalu, Jabodetabek saja sudah ada 30 pabrik es yang beroperasi. Tapi sekarang jumlahnya berkurang dan hanya tersisa 18 pabrik. Menurut Rauzi, ada beberapa pabrik ada yang menggunakan air tanah untuk bahan baku produksi es. Tapi ada juga yang menggunakan air sungai, seperti kasus pabrik di Cakung, Jakarta Timur. Untuk membuat batu es batu, pabrik nakal itu airnya mengambil dari sungai Kali Malang.

“Kalo ga salah ada 3 pabrik kalau yang pakai air Kali Malang. Saya sudah peringatkan pabrik itu agar produknya dijaga. Karena di Cakung sudah tidak boleh pakai air tanah lagi,” imbuh Rauzi.

Diakui Rauzi, pabrik es tidak menggunakan air PDAM karena mutunya kurang baik. Jadi mereka lebih memilih menggunakan air tanah atau air sungai. Tiap pabrik berbeda-beda dalam mengolah air mentah. Ada pabrik yang mengolahnya di tangki raksasa hingga jernih. Setelah itu baru dimasukkan ke cetakan-cetakan.

Penyelidikan ini dilakukan setelah polisi mendapat laporan dari warga yang keracunan setelah meminum es pada 4 Maret 2015 lalu. Setelah diselidiki lebih dalam, ternyata es batu tersebut beracun dan mengandung bakteri dan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker.

Es batu yang diminum warga itu ternyata airnya untuk membuat es batu diambil dari sungai Kali Malang. Parahnya lagi, air dari sungai Kali Malang itu diberi bahan kimia berupa kaporit, soda api, tawas, ANP, dan anti foam saat ditampung di pabrik.

Suami Betah di Rumah 600




loading...